Bupati Kukar Harap Kelompok Wanita Tani Optimal Dalam Peran dan Fungsinya 

Amril Ibnu Marzuki | Jumat, 03 Mei 2024 12:00 WITA
Bupati Kukar Harap Kelompok Wanita Tani Optimal Dalam Peran dan Fungsinya  Halal Bihalal dan Silaturahmi KWT Kukar di Pendopo Odah Etam

 

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah selaku Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar yang juga pembina Kelompok Wanita Tani (KWT) memberikan arahan pada acara Halal bihalal dan silaturahmi KWT Kukar di Pendopo Odah Etam, Rabu kemarin.

Halal bihalal dan silaturahmi yang dihadiri perwakilan KWT 20 kecamatan, 193 desa dan 44 kelurahan itu juga dihadiri jajaran KTNA Kukar dan jajaran Pemkab Kukar.

Edi Damansyah sebagai pembina KWT menyebutkan KTN dan KWT merupakan salah satu mitra Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dan KWT merupakan wadah berkumpulnya para wanita – wanita karier yang memiliki struktur kepengurusan di kecamatan, kelurahan dan desa, kalau dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga anggota KWT itu adalah para wanita yang bergelut di bidang pertanian.

“Kalau melihat AD/ARTnya sebenarnya yang lebih penting anggotanya para wanita tani yang ada di kelurahan dan desa – desa, dan ibu – ibu sebagai pengurus nya," ujarnya.

Edi mengingatkan agar wadah KWT itu yang selama ini berjalan sendiri – sendiri dan sangat terbatas ruang lingkup cakupannya, sehingga dengan KWT ini lebih luas cakupannya dan bisa bergerak lebih bebas, dan juga pemerintah lebih mudah melakukan pembinaan serta fasilitasi bantuan – bantuan yang harus diberikan kepada kelompok – kelompok dalam hal ini KWT.

“Makanya saya setiap hadir dalam pelantikan KTNA maupun KWT selalu mengingatkan karena ada yang nanya apa sih tugas utama kami, jadi saya jelaskan namanya kelompok tani ya tugasnya nanam, beda dengan pedagang yang dipasar,” terangnya.

Dalam momentum halal bihalal dan silaturahmi itu bupati Edi Damansyah mengharapkan optimalisasi penguatan, karena apapun yang ditetapkan pemkab yang berkaitan dengan program ketahanan pangan merupakan hal yang paling mendasar.

“Karena kalau pangan kita tidak kuat, maka akan terjadi gejolak sosial yang bisa mengganggu kehidupan tatanan bernegara dan berbangsa khususnya di negara kita ini," tuturnya.

Edi mengapresiasi peranan KTNA dan KWT, karena Kukar unggul dari sembilan kabupaten/kota yang ada di Kaltim dalam ketahanan pangan, sekitar 42 persen kebutuhan beras di Kaltim dari Kukar, selain itu kebutuhan – kebutuhan pokok lainnya seperti holtikultura Kukar juga unggul dari sembilan kabupaten/ kota di Kaltim.

“Jadi yang sudah kita lakukan ini juga salah satu peran para KWT – KWT yang ada di kecamatan, kelurahan dan desa – desa yang ada di Kutai Kartanegara, dan saya sudah berkeliling KWT – KWT itu sudah ada aktifitasnya," ungkapnya.

Dirinya sudah menyampaikan kepada jajarannya khususnya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan selaku dinas yang mengampu urusan dan leading sektor ketahanan pangan yang perlu dilakukan saat ini adalah optimalisasinya.

“Karena katakanlah KWT ini saat ini fokus pada pemanfaatan lahan – lahan pekarangan seperti yang sudah dilakukan di kecamatan – kecamatan, jadi sekali lagi saat ini yang kita perlukan optimalisasi," tegasnya.

Ia berharap melalui ketua KWT kabupaten yang harus dilakukan terlebih dahulu bagaimana memverifikasi kelompok – kelompok yang sudah ada, dan bagaimana mengidentifikasi komoditi – komoditi apa keunggulannya di kecamatan, kelurahan dan desa masing-masing.

“Setelah itu kami akan mencoba memfasilitasi bagaimana pasarnya nanti juga bisa terhubung dengan baik, ini yang akan kita lakukan bersama, jadi saya mohon melalui silaturahmi ini bagian dari bagaimana kita menguatkan komitmen dan optimalisasi peran dan fungsi KWT.” pungkasnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar