Bahasa Daerah Kutai Akan di Revitalisasi Masuk Kurikulum Muatan Lokal

Muhammad Akbar | Senin, 06 Mei 2024 12:00 WITA
Bahasa Daerah Kutai Akan di Revitalisasi Masuk Kurikulum Muatan Lokal Senam Bersama Dalam Rangka Peringatan Hardiknas Tahun 2024 di Stadion Rondong Demang Tenggarong

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyampaikan bahwa Bahasa Kutai akan masuk kurikulum muatan lokal. Kurikulum muatan lokal tersebut akan dilaksanakan pada tiap sekolah di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sambutannya pada event Senam Bersama pada Peringatan Hardiknas Tahun 2024 di Stadion Rondong Demang Tenggarong pada hari Sabtu kemarin.

Bupati Edi Damansyah menyampaikan bahwa Program Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Kutai dalam kurikulum muatan lokal akan diimplementasikan sebagai bagian Kurikulum Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

Bupati Edi Damansyah menjelaskan bahwa Pemkab Kukar telah menyiapkan beberapa regulasi terkait RBD seperti Perda Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Pemajuan Kebudayaan dan Identitas Daerah, Perbup Nomor 69 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Muatan Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar, SK Bupati Kukar Nomor 324 Tahun 2022 Tentang Kurikulum Bahasa Kutai Sebagai Muatan Lokal Pada Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar, dan SK Bupati Kukar Nomor 413 tahun 2022 tentang Standar Isi Muatan Lokal Bahasa Kutai Pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar.

"Regulasi terkait Revitalisasi Bahasa Daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah,  Peraturan dan SK Bupati. Nantinya Bahasa Kutai akan kita terapkan di sekolah-sekolah dan juga perkantoran," ujarnya.

Upaya Pemkab Kukar dalam RBD tersebut mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim berupa penganugerahan penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen Pemkab Kukar dalam pelestarian bahasa daerah khususnya Bahasa Kutai. 

Penghargaan tersebut diterima Bupati Edi Damansyah pada event Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah antara Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah, dan Pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dalam Peringatan Hari Bahasa Ibu Tahun 2024 di Jakarta pada hari  Kamis, 2 Mei 2024.

"Semoga Peringatan Hardiknas tahun 2024 ini menjadi  momentum pencapaian yang baik. Mari bersama kita laksanakan kurikulum muatan lokal bahasa daerah di sekolah-sekolah. Kita harus bangga dengan Bahasa Kutai," pungkasnya. (Adv/Prokomkukar).


Tinggalkan Komentar